Skip to content
Tags

MenLH Harus Tilik Sungai dan Pengelolaan Sampah Banjarmasin

November 12, 2012
GambarBANJARMASIN, MK- Menteri Negara Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya diharapkan dapat menyempatkan diri menilik keadaan sungai dan pengelolaan sampah saat berkunjung ke Banjarmasin, Selasa (13/11) hari ini. Artinya tidak hanya mengikuti kegiatan siremoni, tapi berinisiatif melihat langsung permasalahan krusial lingkungan yang dihadapi “Kota 1.000 Sungai” saat ini.
Pengamat Perkotaan Bachtiar GraDip menilai, harus ada perhatian khusus dari MenLH terhadap permasalahan lingkungan di Banjarmasin. Sebab, Banjarmasin hingga kini sebagai daerah yang masih rendah nilainya ingin mendapatkan Adipura.
“Masalah krusial daerah kita inikan pencemaran air sungai dan belum optimalnya pengelolaan sampah, itu memang harus menjadi perhatian menteri LH datang kesini,” ujarnya kepada wartawan, kemarin.
Sehingga, lanjutnya, kementerian bisa memberikan masukan yang membangun untuk wilayah ini keluar dari kesulitan itu, agar pemangku daerah ini bisa cepat bergerak kearah yang lebih baik lagi.
“Banjarmasin saya rasa memang perlu spot pusat terutama kementerian yang menangai untuk membangun lingkungannya lebih baik lagi, bisa berupa perhatian bantuan atau evaluasi, palingtidak terhadap kedua permasalahan krusial tadi,” ucap Bachtiar.
Permasalahan lain yang juga harus diketahui MenLH, ungkap Bachtiar, adanya Perda produk DPRD Provinsi Kalsel yang melarang penanaman pohon di bawah jalur kabel PLN. Sebab ini bermasalah terhadap geliat penghijauan di pinggiran jalan di Kota Banjarmasin pastinya.  
Sedangkan dalam Undang-Undang (UU) No 26 Tentang Penataan Ruang, istilahnya peraturan yang di atas Perda itu, tutur Bachtiar, menuntut semua daerah melakukan penghijauan. “Nah, bagaimana melakukan penghijauan kalau ada larangan, yang pastinya selama ada Perda itu tidak bisa berkembang penghijauan di kota ini,” tuturnya.
Dirinya mengaku sependapat dengan Walikota Banjarmasin, bahwa tiang kabel PLN menggangu penghijauan jalan kota. Kalau dia mengistilahkan “PLN Tidak Berperikepohonan”. Sebab mestinya tiang PLN-nya yang mengalah mundur, bukan pohonnya ditebang karena menggangu,” cecernya.
Terkait kedatangan MenLH ini, Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kota Banjarmasin H Hamdi mengungkapkan, memang ada sejumlah agenda MenLH kunjungan kerja di Banjarmasin Selasa ini, selain akan meresmikan 30 bank sampah, juga akan menyaksikan launching “Gerakan Banjarmasin Cinta Bersih”.
“Kita memang berniat mengajak pak menteri berkeliling melihat langsung kondisi lingkungan di kota kita ini, memang banyak hal yang perlu beliau ketahui, tapi kita liat waktunya nanti, sebab beliau hanya sehari di sini,” ujarnya.(sukarli)

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: