Skip to content

861 Santeri Ramaikan Peringatan 1 Muharram

November 15, 2012

BANJARMASIN, MK- Peringatan tahun baru Islam 1 Muharram 1434 Hijriah, Kamis (15/11) kemarin di Banjarmasin dilangsungkan masyarakat muslim secara meriah. Sebanyak 861 santeri di bawah naungan Badan Koordinasi Pemuda Remaja Mesjid Indonesia (BKPRMI) Kota Banjarmasin menggelar pawai keliling kota.

Gambar

Suka cita menyambut tahun baru islam dengan nama kegiatan “Kirab Akbar 1 Muharram 1434 H” itu diselenggarakan pawai sepeda hias, becak hiar, dan mobil hias. Kemeriahan lainnya digelar lomba mewarna, menggambar dan  kaligrafi. Semua peserta adalah santeri dari Taman Kanak-Kanak (TK) dan Taman Pendidikan (TP) Al-Quran. Puasat kegiatan di Balaikota Banjarmasin jalan RE Martadinata.

Menurut Ketua Umum BKPRMI Kota Banjarmasin H Hermansyah, kegiatan memperingati 1 Muharram ini dilangsungkan dari pagi hingga menjelang siang, dan berlangsung sangat meriah, acara dibuka langsung Wakil Walikota Banjarmasin HM Irwan Ansari. “Alhamdulilah, acara berjalan sukses dan sangat meriah, semuanya kelihatan senang menyambut tahun baru Islam ini,” ujarnya kepada wartawan.

Dikatakannya, acara rutin setiap tahunnya diselenggarakan BKPRMI Kota Banjarmasin ini bertujuan untuk membesarkan syiar agama agar panji-panji Islam terus berkibar kokoh di tanah “Kota 1.000 Sungai” ini.

Selain itu, tambahnya, kegiatan ini memberikan ruang bagi santeri berkreasi dalam menampilkan bakat mereka untuk kemeriahan peringatan hari besar agama Islam sebagai keyakinannya. “Secara tidak langsung kita mengajarkan kepada mereka, bahwa tahun baru ini yang harusnya dibesarkan, bukan melakukan hura-hura apabila tahun baru Miladiyah datang,” ucapnya.

Ditambahkan salah seorang Panitia Kegiatan Kirab akbar 1 Muharram 1434 H Fathurrahman, kegiatan pawai keliling kota jumlah pesertanya untuk mobil hias 60 peserta, becak hias 110 peserta, sepeda hias 170 peserta. Sedangkan untuk kegiatan lomba mewarna sebanyak 225 peserta, menggambar 165 peserta, dan kaligrafi 80 peserta. “Jumlah peserta yang memeriahkan peringatan tahun baru Islam jatuh pada 1 Muharram 1434 Hijriah ini lebih besar dari tahun lalu,” pungkasnya. (sukarli)

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: