Skip to content

Pasar Pakauman Akan Direnovasi

November 15, 2012

BANJARMASIN, MK- Dinas Pengelolaan Pasar Kota Banjarmasin tidak hanya mengagendakan renovasi Pasar Lama pada tahun 2013 nanti, namun juga Pasar Pakauman di jalan KS Tubun. Pasar itu akan direnovasi total dengan anggaran Rp 1,6 miliar dari APBD.

“Renovasi pasar Pakauman dengan anggaran Rp 1,6 miliar pada 2013 nanti akan diusulkan Pemkot kedewan untuk disetujui,” ujar Kepala Dinas Pengelolaan Pasar Kota Banjarmasin H Hermansyah kepada wartawan, kemarin.

Menurut mantan Camat Banjarmasin Tengah ini, pasar Pekauman itu kondisinya sudah sangat kurang representatif lagi sebagai pasar rakyat di tengah kota, sebab terlihat kumuh dan kurang tertata. “Pasar itu atas pengelolaan  Pemkot,” ungkapnya.

Dikatakannya, para pedagang pasar di sana juga mengeluhkan dengan kondisi pasar yang kurang menarik pembeli/masyarakat lagi itu, dan mereka menyetujui pasar tempat mereka berdagang selama ini direnovasi Pemkot.

“Menurut pedagang, atap pasar banyak yang bocor, terlebih pengunjung pasar juga terus berkurang,” ucap Herman.

Dengan keluhan dan pertimbangan karena pasar itu masuk aset Pemkot, pihaknya pun berinisiatif mengajukan anggaran untuk merenovasi total pasar itu tahun 2013 ini, dengan harapan pasar itu bisa menjadi pasar rakyat yang nyaman, bersih, dan memiliki keindahan.

“Sebab pasar itu menampung kurang lebih 500 pedagang, baik yang memiliki toko tetap maupun yang tidak,” ungkapnya.

Selain pasar Pekauman itu, kata Herman, Dinas Pengelolaan Pasar Kota Banjarmasin juga mengusulkan pemindahan pasar buah tidak jauh di seberang Pasar A Yani pada 2013 nanti. “Pasar buah itu rencananya mau kita pindah keseberang, ada lahan Pemkot yang kosong di sana,” ujarnya.

Dipaparkannya, pasar buah yang biasa disebutnya pasar kesatrian itu terlihat semerawut, lagian juga berada di atas lahan TNI. ‘Maknya kita mau pindah, biar kita satukan nanti ditempat yang kita maksud awal tadi agar menjadi pasar buah Banjarmasin,” ucapnya. Nah, pemindahan pasar buah itu dianggarkan Dinas Pengelolaan Pasar sekitar Rp 500 juta. (sukarli)

 

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: