Skip to content

95% Tinja Manusia Cemari Lingkungan

November 16, 2012
BANJARMASIN, MK- Sebagian besar masyarakat Banjarmasin tidak memiliki sistem sanitasi yang baik. Umumnya masyarakat masih menggunakan sistem sanitasi tradisional sebagai penampung tinja BAB hingga mengakibatkan  kualitas lingkungan dan air terus menurun.
           
Direktur Utama Perusahaan Daerah Pengelolaan Air Limbah (PD PAL) Kota Banjarmasin, Muhammad Muhidin mengungkapkan dari sekitar 720 ribu penduduk di Banjarmasin, pihaknya menilai belum sampai 5% system sanitasi yang baik atau memakai septic tank standar. Kalau disimpulkan, 95% belum memiliki septic tank standar.
 
 “Septic tank yang memenuhi standar itu hanya buatan pemerintah, dan ini terealisasi baru sekitar 5% di masyarakat, misalnya septic tank komunal baik memakai jaringan atau kolompok,” katanya kepada wartawan.
   
Bahkan dia mengatakan, untuk sistem septic tank diperumahan, hampir semuanya pengembangan membuat septic tanknya belum standar. Sebab rata-rata septic tank dibuat bolong di bawah, hingga mencemari tanah.
 
“Karenanya kita masih perlu kerja keras untuk menyadarkan dan memberika pemahaman kepada masyarakat tentang sistem sanitasi yang benar ini,” ungkapnya.
             
Diungkapkan Muhidin lagi, sistem sanitasi di daerah ini memang masih buruk. Kondisi ini karena kurang tahunya masyarakat akan manfaatkan sanitasi yang baik terhadap lingkungan dan kesehatan. “Rata-ratakan masyarakat merasa atau berpikir septic tank yang telah ada di rumahnya sudah benar,” tuturnya.
           
Padahal, katanya, kalau masyarakat mau menyadari betul, dia akan mengikuti program PD PAL yang memberikan pemasangan IPAL gratis kerumah-rumah.
 
Sebab, katanya, program sanitasi ini baru mendapat sekitar 6.000 sambungan rumah di tambah tahun ini yang baru menyelesaikan 2.000 sambungan rumah. “Target kita tahun ini 5.000 sambungan tetapi tinggal  kesadarannya masyarakat saja lagi, mau atau tidak mengikuti program ini,”katanya. (sukarli)

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: