Skip to content

Satpol PP Bongkar 7 Bangunan Liar di Mulawarman

November 19, 2012

BANJARMASIN, MK- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Banjarmasin sebagai petugas yang diamanahi penegakan Perda, Senin (19/11) kemarin kembali melakukan aksinya, sebanyak 7 buah bangunan liar di Batu Tiban Mulawarman mereka bongkar paksa. Ini terkait bangunan-bangunan itu dinyatakan telah menyelahi aturan keberadaanya di lahan Pemkot yang hendak dibuat taman kota.

 

“Pembongaran kami lakukan setelah ada peringatan pula, “ ujarnya Kepala Satpol PP Kota Banjarmasin Ichwan Norkhaliq kepada wartawan usai melakukan eksekusi 7 bangunan itu.

 

Menurutnya, lahan itu akan digunakna pemkot untuk pembangunan taman kota, sehingga para penghuni rumah tersebut harus pindah ke tempat lain. “Kita melakukan sesuai perintah dan amanat Perda,” tuturnya.

 

Selain melakukan aksi bongkar bangunan liar itu, di hari yang sama, para petugas Satpol PP Kota Banjarmasin juga melakukan aksi penertiban parkir di bahu jalan depan Pasar Lama. Sebab, sudah dinyatakan Pemkot dilarang parkir di wilayah itu karena mengganggu arus lalulitas. Aksi penertiban itu hanya mengamankan satu unit sepeda motor.

 

“Ini sebagai tindakan tegas kami agar di para pemilik kendaraan tidak sembarangan lagi memarkir kendaraannya, apalagi sampai mengganggu lalulintas di jalan raya sini,” ucap Ichwan.

 

Menurutnya, pihaknya pun akan mengamankan sepeda motor tersebut selama 2 -3 hari ke depan dengan maskud memberikan efek jera. Kemudian tindakan ini akan menjadi pelajaran bagi juru parkir yang ternyata main kucing-kucingan membuka lahan parkir di sekitar pasar tersebut. “Kami sudah mengawasi selama seminggu, dan ternyata pada hari libur seperti kemarin (Minggu,red) parkir di jalan itu kembali marak, padahal sudah ditertibkan minggu lalu,” jelasnya.

 

Oleh karena itu, pihaknya pun akan memperketat pengawasan terhadap parkir liar di kota ini. Ini sebagai tindakan pengamanan Satpol PP yang mengacu pada PP No 6 tahun 2010 dan PP nomor 54 tahun 2011 tentang hak dan kewenangan Satpol PP dalam mengamankan Perda. (sukarli)

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: