Skip to content

PN Janji Permudah Pengurusan Hukum Akta Kelahiran

November 27, 2012
GambarN Janji Permudah Pengurusan Hukum Akta Kelahiran
BANJARMASIN, MK- Warga atau anak yang sudah berumur 1 tahun lebih dan hendak mengurus akta kelahirannya diharuskan mendapat penetapan dari Pengadilan Negeri (PN). Nah, proses hukum ini akan dipermudah karena Pengadilan Negeri (PN) Kota Banjarmasin berjanji mau turun keliling kekecamatan terkait itu untuk membantu warga.
Inilah yang tertuang dalam Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Antara Pengadilan Negeri Banjarmasin dengan Pemkot Banjarmasin tentang Pelaksanaan Sidang Keliling Untuk Mendapat Penetapan Pengadilan Negeri Bagi Pemohon Akta Kelahiran yang Melaupaui Batas Waktu 1 (satu) Tahun sejak Tanggal Lahirnya di Wilayah Hukum Pengadilan Negeri Banjarmasin, di Aula Kayuh Baimbai, Senin (26/11) kemarin.
Penandatangan perjanjian ini langsung dilakukan Ketua Pengadilan Negeri Banjarmasin H Yahya Syam, SH, MH dengan Walikota Banjarmasin H Muhidin.
Menurut Yahya Syam, pihaknya akan menurunkan sejumlah hakim untuk mengurus cepat proses hukum yang dimohonkan warga terkait pembuatan akta kelahirnnya, hingga tidak perlu berepot-repot lagi harus mendapatkan putusan pengadilan datang kekantor Pengadilan Negeri. “Bisa secara kolektif diputuskan, misalnya tempatnya di kecamatan,” ujarnya kepada wartawan.
Sehingga, katanya, pengurusannya akan berjalan cepat dan mudah, akta kelahiran yang dimohonkan warga juga dapat keluar cepat. “Selama inikan warga harus sendiri-sendiri mengurusnya kepengadilan, tentunya cukup menguras waktu belum lagi biaya, nah yang demikian inilah yang ingin dipermudah,” ucapnya.  
Sebab, ungkap Yahya Syam, warga yang bersangkutan tinggal menunggu panggilan hadir dari pihak pengadilan di tempat di mana dia mendapat pelayanan pembuatan akta kelahirannya itu. “Setelah persyaratan cukup, langsung kita putuskan, jadi bisa cepat di keluar akta kelahirannya saat itu juga,” paparnya.
Diakui Walikota Banjarmasin H Muhidin dengan maunya pihak Pengadilan Negeri langsung kelapangan memberikan pelayanan hukum terkait pengurusan akta kelahiran ini, sebuah kemajuan yang luar biasa bagi pelayanan catatan sipil dan kependudukan di kota ini, dan patut kiranya Pemkot sangat berterimakasih kepada pihak Pengadilan Negeri. “Saya mewakili Pemkot menyatakan terimakasih kepada Pengadilan Negeri,” ujarnya.
Secara terperinci, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banjarmasin Hj Rachmah Norlias menjelaskan, bahwa permohonan pembuatan akta kelahiran anak yang umurnya sudah lebih 1 tahun maupun orang dewasa lainnya, harus menempuh penetapan pengadilan dengan dikenakan biaya administrasi Rp 221 ribu yang akan masuk dalam kas negara. “Selain itu, yang bersangkutan juga wajib membayar Rp 50 ribu biaya denda keterlambatan mengurus akta kelahiran yang akan masuk dalam kas daerah,” ujarnya.
Sebab, kata Rachmah, Pemkot tidak memberikan dispensasi lagi terkait pengurusan akta kelahiran anak yang umur di atas 1 tahun demikian juga orang dewasa lagi untuk dibebaskan membayar denda sebagaimana tahun 2011 lalu. “Moga semuanya dipahami warga kita, dan semuanya memiliki akta kelahiran, sebab sekarang ini sangat penting adanya,” pungkasnya. (sukarli)
 

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: