Skip to content

Di Usia Senja, Terus Melukis, Walau Hasilnya Tak Jelas

December 7, 2012

Secangkir kopi menemani lamunan Noorman S pagi itu. Pria 70 tahun lebih itu nampak tak melepaskan kuasnya, setiap inspirasi yang datang dikepalanya, di tuangkannya dalam goresan indah di kampas.

Gambar

Ya, pria tua ini seorang seniman lukis, dan tak pernah lelah melukis walau hasilnya tak jelas baginya, laku jadi rupiah atau lukisan itu bernasib sama dengan yang lainnya tersimpan dalam gudangnya.

“Rasanya sudah 51 tahun saya melukis, dan tak pernah berhenti hingga sekarang,” akunya kepada Media Kalimantan.

Noorman S mengakui melukus adalah hobinya, bahkan jiwa seni ini sudah tidah bisa dipisahkan dari dalam dirinya, walaupun dia sudah menapaki usia senja. “Memang tidak sepreduktif masa muda saya berkarya, tapi hobi kita ini terus jalan,” ujarnya.

Dia mengaku sudah menelurkan ratusan karya seni lukis, tapi tidak semuanya laku, bahkan masih ada sekitar 80 lebih lukisan tersimpan di gudangnya.

Pria tua yang tinggal di Komplek Persada Raya jalan A Yani KM 7 ini mengakui, melukis di daerah ini memang tidak kebanyakan berharap komersil, sehingga kiranya tidak bisa dijadikan sebuah sandaran sebagai usaha mencari nafkah.
“Padahal karya seniman lukis di daerah kita ini kualitasnya tidak kalah dengan yang nasonal,” paparnya.

Tapi, nilainya, karena kurangnya promosi, hingga terus terjerembak tak pernah maju seni lukis banua ini, bahkan ketingkat nasional. “Pemerintah juga kurang membantu,” keluhnya.

Noormam S mengaku ingin tetap produktif dimasa tuanya ini dan bisa terus memberikan nafkah bagi keluarganya, walaupun lukisannya tidak laku, tak mengapa, tapi dia berusaha di luar itu mencari rupiah. “Kadang saya diminta menjuri, biasa kalau ada kegiatan lomba lukis,” tuturnya.

Tapi yang terpenting, katanya, dalam hidup selalu bersyukur, apa yang didapat itu adalah nikmat besar yang diberikan Allha SWT. “Itulah doa saya setiap saatnya, di dalam sholat pastinya,” ujar Noorman S. (sukarli)

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: