Skip to content

755 Calhaj Kalsel Dibatalkan Berangkat

June 18, 2013

Imbas Pemotongan 20% Keberangkatan Haji se-Indonesia

 
BANJARBARU, MK- Ini Kehendak Allah, Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Depag) Kalsel dengan terpaksa mengumumkan secara resmi sebanyak 755 orang Calon Jamaah Haji (Calhaj) kuota Kalsel yang masuk daftar keberangkatan haji tahun ini dibatalkan berangkat. Ini imbas atas kebijakan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi yang memotong 20% kuota haji Indonesia.
Demikian juga 6 petugas TPHD/TKHD otomatis juga mengalami hal yang sama. Hingga jumlah yang batal berangkat tahun ini sebanyak 761 orang. Dengan demikian, kuota haji kalsel yang semula 3.811 orang sudah masuk petugas haji sebanyak 33 orang, karena dipotong 20% menjadi 3.050 orang termasuk 6 petugas haji tadi.
“Artinya lebih 2 kloter pemotongan Calhaj Kalsel tahun ini, kalau kuota satu kloter biasanya berjumlah 325 orang termasuk petugas, akibat kebijajan pemotongan 20% ini,” ujar Kepala Kakanwil Depag Kalsel H Abdul Halim H Ahmad dalam jumpa pressnya, Senin (17/6) kemarin di Aula Asrama Haji Kalsel. Sekalian mensosialisasikan  kepada seluruh Kepala Kakanwil Depag se- Kabupaten/kota.
Dikatakan Abdul Halim, pemotongan kuota haji sebanyak 20% ini dialami seluruh provinsi di Indonesia, pasalnya secara nasional haji Indonrsia dikurangi 20% atau 42.200 jamaah dari 211.000 jamaah, menjadi 168.800 jamaah. Ini sesuai kebijakan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi, oleh karena rehabilitasi Mesjidil Haram Mekkah yang tidak selesai. “Jadi atas kebijakan untuk keselamatan jamaah haji ini, kita tidak bisa apa-apa, dan harus menerimanya, karena ini dialami juga seluruh dunia,” ungkapnya.
Dipaparkan Abdul Halim, Calhaj Kalsel yang terpaksa ditunda keberangkatannya tahun ini sebagian besar sudah melunasi ONH, yakni, 407 orang Calhaj, yang belum lunas ONH 277 orang Calhaj, 6 petugas haji, dan 71 usulan Calhaj lansia dan pendamping, rencana penggabungan terpisah keluarga, serta usulan Calhaj karena kesalahan antry data. (bisa liat table jumlah Calhaj per kabupaten/kota yang dibatalkan berangkat)
“Keputusan dirjen haji, yang gagal berangkat tahun ini diprioritaskan tahun depan, bahkan bila biaya ONH naik, negara yang menanggungnya, tapi bila ada lebih akan dikembalikan,” ujarnya.
Menurutnya, ketertundaan keberangkatan para Calhaj tahun ini hendaknya disikapi para jamaah dengan bijak, sabar, dan tawakal, diatas adanya sebab, bagaimanapun ini kehendak Allah, karena pergi ketanah suci adalah panggilan Allah SWT. “Kita harap ini bisa dimaklumi masyarakat, agar tidak menimbulkan kepanikan,” ucapnya.
Abdul Halim mengungkapkan, selain Indonesia yang sangat besar keberangkatan haji setiap tahun di dunia, saingan Negara lainnya seperti Turki dan Mesir juga mengalami pemotongan kuota yang sama 20%. Sebab menurut informasi dari Pemerintah Kerajaan Arab Saudi, keterlambatan rehabilitasi Mesjidil Haram berakibat pada berkurangnya kafasitas daya tampung tempat wukup yang semula dapat menampung sebanyak 48 ribu jamaah dalam satu jamnya, kini hanya dapat menampung 22 ribu jamaah dalam satu jamnya.
Sementara itu, Kabid Penyelenggara Haji dan Umroh Kanwil Depag Kalsel H Sukeriansyah mengatakan, bahwa daftar Calhaj yang berangkat tahun ini yang sudah melunasi ONH dalam data bes sampai nomor bangku 37709. “Jadi angka itu ditarik keatas sebanyak 407 orang Calhaj, itulah nomor kursi jamaah yang terpaksa ditunda keberangkatannya tahun ini,” terangnya.
Tapi, katanya, ada sedikit peluang dan semuanya bisa berdoa, agar perjuangan Kementerian Agama RI yang melobi pihak pemerintah Kerajaan Arab Saudi berhasil agar Calhaj yang sudah melunasi ONH ini bisa diberangkatkan bersama tahun ini. “Pa Menteri kabarnya langsung mendapat perintah dari Pak Predisin untuk menyampaikan surat beliau kekerajaan Arab Saudi terkait ini,” pungkasnya. (sukarli)
 
Rekapitulasi Jumlah Pengurangan CJH Lunas Tunda Provinsi Kalsel
1.  Kota Banjarmasin Sebanyak 70
2.  Kabupaten Banjar sebanyak 37
3.  Kabupaten Tanah Laut Sebanyak 18
4.  Kabupaten Tapin Sebanyak 48
5.  Kabupaten HSS Sebanyak 40
6.  Kabupaten HST sebanyak 30
7.  Kabupaten Barito Kuala Sebanyak 19
8.  Kabupaten Tabalong Sebanyak 51
9.  Kabupaten Kota Baru Sebanyak 16
10. Kabupaten HSU Sebanyak 13
11. Kota Banjarbaru Sebanyak 15
12. Kabupaten Balangan Sebanyak 26
13. Kabupaten Tanah Bumbu Sebanyak 24
Total Keseluruhan ………… 407
 

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: